Review Motor Yamaha FreeGo S ABS, Worth To Buy Gak Sih?

Yamaha FreeGo merupakan motor dengan tagline “The Amazing Matic”. Tapi, apakah benar motor ini se amazing tagline nya? Nah, untuk kalian yang berpikir akan membeli motor ini, yuk coba simak dulu review berikut ini agar tahu apakah motor ini akan cocok dengan kalian atau tidak.

Dari 3 varian yang ada, di berikan beberapa fitur kunci. Di mana yang paling basic adalah standard yang di jual Rp 18,5 jutaan. Lalu di atasnya ada tipe S dengan harga Rp 19,7 juta, bedanya sudah di lengkapi dengan keyless dan stop start system (SSS).

Dan tipe tertinggi, S ABS yang di jual Rp 22,5 juta, bedanya tentu saja sudah di lengkapi dengan Antilock Brake System (ABS) di roda depan saja. Nah, di bawah ini kami akan bahas varian tertingginya yaitu S ABS.

Konsumsi Bensin

Yamaha FreeGo S ABS

Pengetesan bahan bakarnya memakai bensin RON 92 dengan metode full to full yang di lakukan beberapa kali lalu di hitung rata – ratanya. Kondisi jalan yang di lalui pun beragam dan hasilnya di dapat rata – rata 41,3 km / liter.

Fitur dan Teknologi

Hal yang cukup membuat kita amaze dan di klaim oleh Yamaha adalah fiturnya yang cukup melimpah. Pertama ada lampu depan yang sudah memakai LED. Ada juga lampu senja yang warnanya kuning dan masih bohlam. Di malam hari nantinya intensitas cahaya lampu utama akan mirip seperti skutik sekelasnya yang juga di bekali dengan LED.

Namun, bisa saja di saat hujan visibilitasnya jadi tidak sebaik lampu dengan sorot kuning. Lampu bagian belakang juga semuanya maish menggunakan bohlam. Desainnya pun tak kalah keren dan mewah dengan ornament kroom di balik lampunya.

Spidometernya hanya berukuran 6 cm x 4 cm saja namun sudah di berikan full digital dengan latar biru. Informasi yang tersedia ada kapasitas bensin di bagian kiri serta konsumsi bensin real time di bagian kanan dalam bentuk balok.

Lalu untuk di tengahnya yang paling besar ada speed meter dan di temani dengan beberapa informasi di bagian bawah misalnya odometer, tegangan aki, hingga trip meter. Di bagian kiri dan kanannya juga ada berbagai lampu indicator pendukung misalnya high beam, keyless, ABS, SSS, sein, dan chechk engine.

Di bagian bawah stang, pada sisi kirinya ada tempat untuk mulut tangki bensin 4,2 liter. Posisi ini membuat pengisian bensin jadi mudah karena tak perlu membuka jok. Sementara di bagian kana nada kontak dan poweri outlet yang bisa dugunakan untuk mengecas smartphone.

Untuk membawa barang belanjaan, di tengah bawah stang juga ada gantungan. Kalau mau yang lebih lega bisa di masukkan ke dalam jok yang berkapasitas 25 liter yang bisa menampung sebuah helm full face lengkap dengan perangkat berkendara lainnya seperti jas hujan.

Fitur unggulan lainnya pada tipe S ABS ini Smart Key atau keyless lengkap dengan answer back system. Khas keyless Yamaha yang interaktif, misal lupa memutar kenop ke off dan anak kunci menjauh, maka ada bunyi peringatan bip-bip. Terdapat juga Smart Lock dan Stand Side Switch.

Ada pula ABS 1 channel, yang mana saat musim hujan begini fungsinya sangat terasa, terutama ketika melakukan hard braking di jalan basah jadi enggak perlu takut slip. Kinerjanya cukup halus, enggak mengagetkan jari kanan.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Motor Touring Terbaik dan Termurah!

Performa

Mesin yang digunakan oleh Yamaha FreeGo ini adalah 125 cc Blue Core berpendingin udara dengan piston 52,4 mm dan stroke 57,4 mm, perbandingan kompresi 9,5:1. Motor ini juga sudah lengkap dengan Smart Motor Generator (SMG) sebagai pengganti dinamo starter konvensional yang lebih kalem.

Klaim tenaga maksimalnya 9,3 dk di 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm. Karakternya pun responsive sesuai dengan bukaan gas. Untuk akselerasinya di tes menggunakan Recelogic dan menghasilkan motor ini bisa mencapai 0-60 km/jam dibutuhkan waktu 6,7 detik, lalu 0-80 km/jam 12,3 detik. Sedangkan jarak 0-201 meter digapai dalam 13,6 detik.

Untuk top speednya di spidometer muncul angka angka 106 km/jam sedangkan di Racelogic 100,9 km/jam. Mesinnya pun minim getaran namun dari CVT nya ada sedikit gredek saat dalam posisi jalan perlahan dengan bukaan gas yang sedikit terbuka misalnya saat mecet.

Data tes

  • 0-60 km/jam: 6,7 detik
  • 0-80 km/jam: 12,3 detik
  • 0-100 km/jam: 36,3 detik
  • 0-100 meter: 8,8 detik (@68,2 km/jam)
  • 0-201 meter: 13,6 detik (@82,3 km/jam)
  • 0-402 meter: 21,6 detik (@94,5 km/jam)
  • Top speed di spidometer: 106 km/jam
  • Top speed di Racelogic: 100,9 km/jam
  • Konsumsi bensin: 41,3 km/liter

Riding Position & Handling

review Yamaha FreeGo S ABS

Walaupun motor ini kelihatannya kecil, namun joknya panjang mencapai 895 mm loh. Jadi untuk boncengan akan sangat lega. Tinggi joknya juga hanya 778 mm tapi permukaannya lebar, karenanya pengendara berpostur 170 cm bisa dengan mudah menapakkan kaki. Tapi kalau kedua kaki yang turun masih agak jinjit.

Busa jok nya pun cukup empuk dan tebal namun kulit joknya masih terasa kaku dan licin. Deknya pun terbilang luas karena ukuran sepatu 42 masih leluasa pindah posisi agar tak cepat pegal. Stangnya pun punya bentuk yang tak terlalu menekuk ke dalam sehingga kesannya lebar namun tak akan menyenggol kendaraan lain saat bermacetan.

Posisi segitiga berkendara juga jadi nyaman karena didapatkan dari semua fitur ini. Handling juga lebih ringan karena stangnya lebar. Kaki – kakinya memakai velg ring 12 inci dengan lebar 2.50×12 depan dibalut ban 100/90-12 dan lebar 2.75×12 belakang dengan ban 110/70-12 yang sudah tubeless.

Dengan ban lebar dan profil membulat, karakter handling dari skutik berbobot 100 kg ini jadi mantap tapi masih lincah. Karakter kedua suspensinya juga menyumbang kenyamanan, baik depan maupun belakang terbilang empuk.

Spesifikasi Yamaha FreeGo

  • Tipe Mesin: Air Cooled 4-Stroke,SOHC
  • Susunan Silinder: Single Cylinder
  • Daya Maksimum: 9,3 dk/8.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 9,5 Nm/5.500 rpm
  • Kapasitas Oli Mesin: Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
  • Tipe Kopling: Single dry clutch
  • Tipe Transmisi: Full Automatic
  • Kapasitas Tangki Bensin: 4,2 L
  • Ban Depan: 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
  • Ban Belakang: 110/90-12M/C 64L – Tubeless
  • Rem Depan: Single Disc Brake
  • Rem Belakang : Drum Brake
  • Sistem Pengapian: TCI / Transistor
  • Battery: YTZ7V
  • Tipe Busi: CR6HSA
  • Harga: Rp 19,2 juta

Itulah review lengkap dari Yamaha FreeGo yang bisa kalian jadikan sebagai dasar pertimbangan untuk membeli motor ini atau tidak. Yang jelas, untuk harga 19 jutaan, motor ini sudah punya spek yang cukup keren jadi akan sangat worth. Semoga bermanfaat.

You may also like